Ada pesan berantai yang menyampaikan bahwa dengan mengkonsumsi air hangat dan garam bisa mengatasi virus Corona, penyebar berita sampai memberikan resep dan langkah-langkahnya, apakah memang benar campuran garam dan air hangat bisa mengatasi virus corona?

Pesan berantai tersebut belum diketahui siapa yang mengawali, didalam pesan tersebut diceritakan pasien yang sebelumnya menderita batuk berdahak diklaim sembuh dalam waktu semalam saja usai meminum campuran air tersebut.

Berikut screenshot dari Turnbackhoax.id

Setelah kami telusuri dari Turnbackhoax.id, bahwa berita tersebut tidak benar, campuran air hangat dan garam tidak mampu menghilangkan virus corona dari tubuh. Karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa campuran air garam mampu mengobati COVID-19, hal ini juga didukung dengan pernyataan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan bahwa hal tersebut hanya mitos semata.

Dicky Budiman, ahli Epidemiologi, mengungkapkan hal senada berkaitan dengan khasiat campuran air hangat dan garam, hal tersebut adalah salah kaprah karena virus corona melekat pada reseptor di tubuh manusia sehingga air atau alkohol sekalipun tak mampu menghilangkannya. “Artinya, mau minum air garam atau alkohol tidak akan berpengaruh,” ujar Dicky.

Kesimpulan bahwa berita yang disebarkan tersebut adalah tidak benar atau hoaks karena tidak terbukti secara ilmiah.