Semakin lama harga smartphone dengan kualitas yang cukup mumpuni dibandrol dengan harga lebih murah.

Google baru saja meluncurkan Google Pixel 4a dengan harga yang lebih terjangkau ($350) tetapi tetap menghadirkan smartphone berkualitas.

Google Pixel 4a hadir dengan kamera yang bagus dan layar lebih cerah. Agar harga lebih terjangkau memang ada beberapa fitur yang dirasa tidak terlalu diperlukan tidak dihadirkan, seperti wireless charging dan face scanner. Lagipula sepertinya kebanyakan konsumen tidak membutuhkan fitur-fitur tersebut, kecuali anda seorang gadget mania yang selalu ingin fitur terbaru hadir di smartphone yang anda gunakan.

Google sebelumnya pernah melakukan survey seperti apa smartphone yang paling dibutuhkan kebanyakan orang, mereka mendapat kesimpulan bahwa smartphone yang banyak dibutuhkan adalah yang memiliki layar lebar dan cerah, baterai tahan lama, media penyimpanan yang besar dan kualitas kamera yang bagus.

Google Pixel 4a menggunakan layar OLED 5,81 inch (Organic light-emitting diode) layar ini lebih tipis, lebih ringan dan lebih cerah, mendukung resolusi 1.080 x 2.340 pixel dengan punch hole di sisi kiri atas mengusung kamera depan 8MP. Menggunakan prosesor Snapdragon 730G, Ram 6Gb dan media penyimpanan hanya ada satu pilihan yaitu 128gb.

Sayangnya Pixel 4A tidak hadir dengan fitur tahan air seperti seri-seri sebelumnya guna menekan harga, menurut google mereka lebih mengutamakan fitur lain yang dirasa lebih penting.

Pixel 4a hanya memiliki satu kamera belakang beresolusi 12,2 MP (f/1.7) dengan fitur Night Sight, Portrait Mode, Top Shot yang mampu memilih hasil jepretan terbaik dan OIS yang mampu meredam guncangan ketika merekam video.

Menurut beberapa review yang kami dapatkan di internet, Pixel 4A menghadirkan hasil foto lebih bagus dibanding iPhone SE baik dari kondisi cahaya normal atau kurang cahaya.

Memang iPhone SE unggul dibeberapa fitur seperti wireless charging dan tahan debu dan air. Memang hal ini yang menjadi pilihan beberapa orang agar smartphone nya lebih awet. Terutama anda yang sering menjatuhkan smartphone di toilet atau banyak kegiatan outdoor.

Jadi tinggal anda pilih fitur mana yang paling anda butuhkan dan tentunya dana yang anda miliki. Selamat berganti handphone.