Populasi motor di Indonesia sangat besar, motor memang menjadi banyak pilihan untuk menembus kemacetan dan model serta fiturnya pun semakin beraneka ragam. Sayangnya banyak pemilik motor sering melakukan kebiasan yang mungkin terlihat sepele, agar hemat, dan alasan klasik seperti malas membuat motor kesayangan anda cepat rusak.

Berikut beberapa hal yang harus anda hindari agar motor anda tetap awet dan siap digunakan setiap saat.

Ban kurang angin

Terlihat sepele kan? tetapi jika anda membiarkan ban anda kurang angin, hal ini akan mempengaruhi kestabilan ketika berkendara, ban yang kekurangan tekanan angin akan mudah terkoyak pada permukaannya / mengurangi umur ban, jika terkena paku pasti masuk melubangi ban dan bisa membuat pelek motor anda mudah bengkok.

Memakai bensin oplosan

Biasanya orang beranggapan agar hemat, tetapi tahukan anda bahwa bensin oplosan bukanlah bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain yang belum tentu sesuai dengan standart mesin motor anda. Kalau dipakai terus dalam jangka lama hal ini akan menimbulkan korosi pada mesin sehingga jika terjadi kerusakan akan membuat anda mengeluarkan lebih banyak biaya untuk memperbaikinya, jadi lebih baik mengeluarkan sedikit uang lebih membeli bensin di SPBU.

Menggunakan sparepart KW atau palsu

Penjual biasanya akan mengklaim bahwa spare part KW tidak jauh beda kualitasnya dengan yang original. Lebih baik menggunakan sparepart original meski harganya sedikit lebih mahal tetapi terjamin kualitasnya dan sama seperti yang digunakan motor anda dari pabrikannya.

Mencuci Motor dibawah terik matahari

Pernah mencuci motor dibawah sinar matahari yang terik agar beranggapan agar motor cepat kering? stop lakukan hal ini, karena sinar matahari yang terik membuat warna bodi motor anda menjadi belang, apalagi jika menggunakan sembarang sabun, lebih baik keringkan dengan cara mengelapnya dengan lap kanebo, agar sisa air tidak mengendap meninggakan bercak pada permukaan bodi motor.