Ada dua jenis angin yang digunakan untuk mengisi ban yaitu angin biasa dan nitrogen, lantas apa masing-masing perbedaan dari kedua jenis angin ini? mana yang lebih baik?

Nitrogen adalah gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Berbeda dengan angin biasa yang kandungan gasnya masih mengandung air.

Selain itu angin biasa akan mengalami proses pemuaian di dalam ban, sehingga membuat ban terasa lebih berat. Sedangkan bila ban menggunakan nitrogen membuat ban lebih ringan. Keunggulan lain dari nitrogen adalah molekul pada nitrogen tidak mudah menguap karena panas, sehingga ban motor tidak mudah kempes.

Selain itu, udara biasa mengandung hampir 99 persen air, sedang pada nitrogen tidak mengandung air. Kandungan nitrogen adalah 79 persen nitrogen, 20 persen oksigen dan 1 persen uap air. Nitrogen juga dapat menjaga elastisitas ban, sehingga kelenturan karet ban tetap terjaga, selain itu kadar air yang rendah membuat karat pada pelek jari-jari bisa dicegah.

Berminat mengganti udara ban anda dengan nitrogen? sangat disarankan untuk menguras angin dalam ban terlebih dahulu sebelum memulai mengisi dengan nitrogen.