Hari ini akhirnya berkesempatan menyoba memperpanjang SIM A saya yang habis masa berlakunya bulan depan, saya urus secara online lewat aplikasi Digital Korlantas, sebenarnya bisa diperpanjang 90 hari sebelum masa berakhir SIM (Menurut keterangan di apps) tetapi kelewatan terus alias lupa jadi baru hari ini saya urus, seram juga kalau sampai terlewat masa perpanjangan harus mengurus SIM dari awal, malah menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Oh ya saya ber-KTP luar pulau, dan berdomisili di Surabaya, jadi proses perpanjangan SIM sudah Nasional alias bisa dimana saja dan kapan saja, karena SIM baru kita akan dikirim via pos.

Tahap pertama di mulai dari mengunduh aplikasi Digital Korlantas POLRI di Google Play Store. Silahkan daftar jika belum memiliki akun, caranya cukup mudah, hanya pas bagian foto yang agak ribet menurut saya, karena harus mengkuti panduan yang tertera, seperti buka mulut, kedipkan mata dan mengangguk. nah pas bagian mengangguk ini aplikasinya otomatis mengambil foto kita. Nah karena mengangguk saya agak lambat atau gimana, jadi foto yang terekam agak ngeblur atau posisi pas kurang estetik karena saya lagi mengangguk.

Selebihnya tidak ada masalah, untuk mulai proses pengajuan perpanjangan SIM, cukup tekan menu SIM, lalu pilih Perpanjangan SIM. Nanti akan tertera syarat-syarat yang diperlukan untuk proses perpanjangan SIM secara online.

Selain aplikasi Digital Korlantas POLRI ini, kita perlu mengistal dua aplikasi lain, yaitu aplikasi untuk pengecekan kesehatan jasmani dan tes psikologi. Untuk mendapatkan kedua aplikasi tersebut, Anda cukup mengikuti link yang tertera pada aplikasi Digital Korlantas POLRI, otomatis akan diarahkan ke halaman untuk mendownload.

Untuk tes psikologi semua dilakukan secara online, jadi kita bisa mengerjakan test di mana saja, termasuk ketika melakukan pembayaran. Ada 100 soal pertanyaan setuju dan tidak setuju, lalu 10 test ketelitian. Proses test psikologi ini cukup menyita waktu dan konsentrasi Anda, jadi saran saya kerjakan ketika jam istirahat kantor atau ketika santai di rumah dan posisi tidak ada kegiatan lain. Biayanya Rp27.500

Sedang untuk test kesehatan, kita hanya perlu mendaftar pada aplikasi e-Rikkes kapan kita hendak mendatangi salah satu tempat test kesehatan yang sudah di sediakan oleh aplikasi tersebut. Tentukan tanggal kapan Anda datang, dan pilih lokasi test kesehatan paling dekat dengan tempat Anda. Selanjutnya cukup datang pada tanggal dan tempat yang Anda pilih, tadi saya memilih melakukan test kesehatan di Klinik Pratama Polrestabes Surabaya di Jalan Rajawali 43. Saya datang pukul 8.15an (karena saya baca review di google map, infonya buka jam 8 pagi tetapi datang kesana jam 8 pagi masih tutup). Ternyata ketika saya datang di pintu masih terpasang tanda TUTUP, tapi posisi terbuka, jadi saya permisi masuk aja, ternyata mereka masih siap-siap karena baru datang. Jadi sempat menunggu 10 menit, kemudian ada petugas yang melayani, semua data kita yang sebelumnya kita input pada aplikasi e-Rikkes akan di bacakan, karena saya berkacamata, saya diminta membaca angka yang tersamar pada lingkaran-lingkaran warna warni. Itu saja test yang dilakukan, pembayaran hanya bisa tunai dengan biaya sebesar Rp40.000

Setelah kita memiliki semua syarat yang diperlukan, kita tinggal mengisi data-data yang diperlukan di aplikasi Digital Korlantas POLRI dengan mengupload foto KTP, foto SIM lama, tanda tangan kita di kertas kosong, lalu pas foto kita dengan latar belakang biru.

Selanjutnya pilih SIM baru Anda akan dikirim via pos, atau diambil sendiri. Saya pilih dengan pengiriman pos dengan biaya Rp25.500, sedangkan biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp80.000 dan ada biaya admin saya lupa, total yang saya transfer sebesar Rp115.501. Setelah Anda bayar, Anda akan mendapatkan informasi SIM baru Anda sedang di proses (40%) tetapi tidak lama kemudian ada notifikasi no baru SIM Anda, lalu tidak lama ada keterangan lagi bahwa SIM Anda sudah jadi dan siap dikirim. Jadi kecepatan mengurus perpanjangan SIM online baik offline sudah sangat cepat, alias beberapa jam saja.

Bravo POLRI.