Pemerintah Indonesia sedang berusaha menambah pasokan vaksin Corona agar bisa mengakhiri pandemi Covid-19. Setelah beredar nanti berapa kisaran harga vaksin ini?

Menurut informasi yang kami kumpulkan, urutan pertama adalah vaksin Corona Sinovac yang saat ini sedang menjalani uji klinis di Bandung, Jawa Barat. Untuk vaksin ini harganya berkisar Rp72.500 sampai dengan Rp145.000. Sinovac adalah produk dari perusahaan bioteknologi asal China berkerja sama dengan Bio Farma, vaksin ini dikembangkan dengan metode inaktivasi, yaitu metode pembuatan vaksin dengan menggunakan versi tidak aktif dari jenis virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu.

Uji klinis vaksin ini akan berjalan selama enam bulan dan ditargetkan selesai pada bulan Januari 2021. Kemudian jika uji klinis berjalan lancar maka Bio Farma akan memproduksi mulai kuartal 1 tahun 2021.

Vaksin berikutnya adalah Sinopharm produk dari China National Pharmaceutical Group, saat ini vaksi sedang memasuki uji klinis tahap akhir pada manusia di Uni Emirat Arab, Kandidat vaksin ini diklaim bisa menjadi yang pertama di dunia yang mampu menunjukkan imunogenisitas dan keamanan yang sangat bagus.

Harga vaksin ini berkisar Rp 2,1juta untuk dua kali suntikan agar tubuh bisa membentuk kekebalan yang optimal. Vaksin ini disebut vaksin dengan harga termahal di antara kandidat vaksin Covid-19.

Vaksin berikutnya yang kemungkinan akan beredar di Indonesia adalah Sputnik-V asal Rusia, harga vaksin ini diperkirakan bisa tiga kali lebih murah dari vaksin-vaksin lain. Tetapi vaksin ini sempat menuai kontroversi karena dianggap belum melalui fase uji yang lengkap tetapi sudah keburu diumumkan oleh Presiden Vladimir Putin.

Vaksin Sputnik-V dibuat dengan dua vektor human adenovirus, sedangkan vaksin lain hanya memakai satu vektor adenovirus.

Kandidat lain vaksin yang akan beredar adalah vaksin CanSino yang merupakan produk asal perusahaan biofarmasi di China yang risetnya dipimpin oleh Chen Wei yang merupakan pakar penyakit menular dari militer China. Vaksin ini pada uji coba nya menunjukkan hasil yang bagus karena mampu menginduksi respon imun yang kuat pada hewan yang digunakan test. Cuma vaksin ini belum bisa diperkiran harga jualnya nanti dipasaran.