Dalam rangka membantu meringankan warga akan kebutuhan listrik bagi yang terdampak pandemi COVID-19, pemerintah melalui PLN telah memberikan bantuan berupa listrik gratis bagi pelanggan daya 450V dan diskon 50 persen bagi pelanggan daya 900V bersubsidi, kebijakan ini berlaku selama tiga bulan yakni mulai bulan April, Mei dan Juni 2020.

Ada 24 juta pelanggan 450V dari kategori reguler atau pasca-bayar maupun prabayar, mekanisme pembebasan biaya listriknya pun tidak sama, bagi pelanggan daya 450 VA kategori pasca-bayar akan otomatis mendapatkan pembebasan tagihan listrik pada ketiga bulan tersebut. Sedangkan bagi pelanggan daya 450 VA prabayar dapat memperoleh token gratis tersebut dengan mengirim ID pelanggan ke nomor Whatsapp 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Sementara untuk pelanggan daya 900V pasca-bayar bersubsidi akan secara otomatis mendapatkan potongan biaya listrik sebesar 50 persen pada bulan April, Mei, dan Juni 2020, sedang pelanggan 900V prabayar bersubsidi, token gratis 50 persen dapat diperoleh dengan melalui Whatsapp atau website PLN. Diskon yang diberikan senilai dengan pemakaian bulanan tertinggi selama tiga bulan terakhir.

Begini caranya untuk mendapatkan token gratis via www.pln.co.id

  1. Buka situs www.pln.co.id
  2. Masuk ke menu pelanggan, dan menuju ke pilihan stimulus Covid-19
  3. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter
  4. Token gratis akan ditampilkan di layar, masukkan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Kemudian begini cara mendapatkan token gratis via Whatsapp

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Chat Whatsapp ke nomor 08122-123-123
  3. Ikuti petunjuk, salah satunya adalah dengan memasukkan ID Pelanggan
  4. Token gratis akan muncul yang dapat dimasukkan ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.