Hari ini, 21 Juni 2020 Presiden Joko widodo tepat menginjak usia 59 tahun. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah 21 Juni 1961 di Rumah Sakit Brayat Minulyo dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Jokowi memiliki tiga orang anak yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Menurut Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. Tidak ada perayaan pada ulang tahun Jokowi pada hari ini.

Tahukan Anda siapa yang memulai memberikan nama Jokowi? berdasar akun youtube pak Joko Widodo, nama ini awal mulanya digagas oleh mitra usaha lamanya di Paris, yaitu Bernard Chene.

Bernard, awal mulanya berbisnis dengan paman Jokowi yang berdomisili di Solo, awal perkenalannya dengan Jokowi yang saat itu baru saja lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan kehutanan.

Bernard mengaku pertama kali bertemu dengan Jokowi pada pertengahan tahun 1999, “Kami terbiasa punya nama panggilan singkat. Nama Joko Widodo terlalu panjang buat saya. Kemudian saya tanya beliau, kalau tidak keberatan boleh saya panggil Jokowi saja? dan begitulah awal ceritanya”.

Jokowi selalu menyempatkan diri untuk bertemu Bernard saat berkunjung ke Paris, Prancis. Bernard mengatakan “Saya kira tak mungkin karena dia presiden, namun pada hari Minggu (saat berkunjung ke Paris), saya mendapat telepon dari Indonesia embasy mengatakan akan bertemu di siang hari, ini sangat mengejutkan.”